Selasa, 19 Agustus 2014

Menatap Komputer Terlalu Lama Timbulkan Masalah Kesehatan

Hampir seluruh pekerja kantoran dimasa ini mengharuskan bekerja di depan komputer selama hampir delapan jam atau lebih setiap harinya. Duduk selama seharian di depan komputer tentunya akan sangat melelahkan pada area mata, leher dan juga punggung.

Akibatnya maka timbullah masalah kesehatan seperti berikut:

1. Garis Halus di Wajah

Kebiasaan mengernyitkan dahi atau memicingkan mata ketika menatap layar komputer menurut seorang dermatologist Dr. Boris Zaks, kebiasaan itu akan menyebabkan terbentuknya garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan antara kedua alis.
Bagi anda yang mengalami masalah ini, dapat dicegah atau diatasi dengan menggunakan krim pelembab mata agar lebih lembab dan elastis atau dengan mengompres kulit mata selama 10 menit dengan teh chamomile.

2. Lingkaran Gelap Mata

Semakin lama anda menatap layar komputer maka akan semakin lelah mata anda. Lambat laun lingkaran gelap bawah mata akan semakin terlihat dan membuat anda kelihatan lelah, kusam dan tidak berenergi.
Bila anda tak ingin mengalami masalah ini, maka biasakanlah dengan memejamkan mata beberapa menit dan berjalan-jalan sebentar.

3. Mata Kering

Kebiasaan terlalu lama menatap layar komputer tidak baik bagi kelembaban mata. Anda mungkin menatap layar komputer tanpa membiasakan untuk mengaplikasikan rumus 20-20-20. Dengan mengalihkan pandangan ke arah yang lain jarak 20 kaki(sekitar 6 meter) dari anda sekitar 20 detik, memejamkan mata beberapa menit dan berkedip sesering mungkin. Bila hal ini masih belum anda lakukan secara terutin, maka masalah mata yang satu ini akan merugikan anda.

4. Otot Kaki dan Pundak Nyeri

Menurut Dr. Anne Rettiq, dokter anak dan keluarga dari Northwestern Medicine, ketika melihat atau memandang ke arah layar komputer maka leher akan berperan untuk memikul beban dan tekanan. Hal ini mengakibatkan otot leher kaku dan pundak terasa nyeri. Dengan mengatur posisi komputer dengan baik pastinya akan lebih mengurangi rasa lelah pada leher.

5. Sakit di Tulang Belakang

Kesalahan pada posisi duduk merupakan penyebab terberat penyakit tulang belakang ini. Selain itu juga disebabkan karena tidak memiliki otot pusat (perut) yang cukup kuat. Postur anda tidak ideal karena otot perut tidak mampu menopang tubuh bagian atas dengan baik.

Oleh sebab itu, latihlah otot pusat tubuh anda dengan berbagai olah raga seperti yoga, pilates atau sit up dan mengatur posisi duduk yang benar.

Penggunaan komputer baik sadar atau tidak sadar memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Namun dapat dicegah dengan berbagai hal yang sebenarnya mudah untuk diaplikasikan. Adalah bijak bila bekerja juga sembari memperhatikan kondisi tubuh, dengan banyak berolahraga, duduk dengan posisi yang baik serta memberikan ruang untuk bergerak.