Minggu, 12 Januari 2014

hal yang membuat tubuh gampang capek


1. Kebanyakan Minum-minuman Berkafein



Kafein memang membuat kamu jadi melek dan betah berkerja lama, tetapi di sisi lain, kafein juga dapat membuat tubuh gampang lelah. Inilah juga sebabnya kamu jadi kecanduan kopi, karena kamu merasa energi akan kembali setelah minum kopi. Tetapi, perlu diketahui juga semakin banyak minum kopi, semakin kamu mudah lelah.

2. Terlalu Sering Membungkuk



Posisi membungkuk lama saat sedang konsentrasi pada sebuah pekerjaan akan membuat tubuh jadi kaku dan otot-otot jadi tegang. Tidak heran kalau kamu merasa terlalu lelah. Untuk itu, kamu yang biasa bekerja di depan komputer serta duduk lama, setiap beberapa menit regangkan tubuh kamu agar otot tubuh tidak kaku.

3. Tarikan Nafas Yang Pendek-pendek



Para atlet diajarkan untuk bernafas panjang untuk membiarkan oksigen mengisi seluruh ruang di otak dan di tubuh lebih maksimal. Sedangkan saat bernafas pendek, maka kamu akan merasa tubuh jadi berat, lelah, dan tubuh belum mendapat asupan oksigen yang cukup.

Cara bernafas yang benar sebaiknya pada hitungan 1-4 menarik nafas, kemudian hitungan ke 5-8 menghembuskan nafas. Dengan melatih nafas panjang-panjang, tidak hanya tubuh yang mendapatkan manfaatnya, tetapi kulit juga semakin bersih karena cukup mendapat asupan oksigen.

4. Mengabaikan Sarapan Pagi




Alasannya selalu saja kenyang, tidak sempat, tak ada gunanya, tidak selera, atau sedang menjalani program diet. Tetapi memang soal sarapan pagi ini selalu diperdebatkan hingga sekarang.

Banyak yang berpendapat bahwa sarapan pagi itu penting untuk meningkatkan konsentrasi, mencukupi kebutuhan gizi, menyediakan energi untuk beraktivitas seharian, serta membuat tubuh lebih energik.

5. Menahan Amarah



Ketika emosi tidak bisa terlampiaskan dengan baik, biasanya ada rasa tegang pada bahu dan leher. Tubuh juga terasa berat dan tidak nyaman, inilah mengapa kamu merasa sangat lelah. Jauh lebih enteng rasanya kalau kamu bisa meluapkan emosi lewat kata-kata atau air mata bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar