Minggu, 12 Januari 2014

Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin



Mau tahu tidak mengapa setelah facial atau peeling disarankan mencuci muka dengan air dingin, bukan air hangat?

Seperti diketahui, air hangat berfungsi membuka pori-pori, membantu mengeluarkan kotoran dari dalam wajah saat sedang facial atau peeling. Cara ini mempermudah mengeluarkan kotoran sehingga tidak harus memencet dan menyakiti kulit. Dan ketika kotoran selesai dikeluarkan, tugas menutup pori digantikan dengan air dingin. Pori memang harus ditutup setelah terbuka, sehingga kotoran tidak masuk lagi.

Air dingin juga membantu memperbaiki kondisi wajah berjerawat, membuatnya lebih segar dan mengurangi peradangan.

Oleh karena itu, cuci muka dengan air dingin jauh lebih disarankan ketimbang menggunakan air hangat. Baca juga deh manfaat lainnya berikut ini:

Air dingin Vs sebum

Baik kulit wajah maupun kulit bagian lainnya dilindungi oleh minyak alami yang disebut sebum. Sebum ini bisa sangat kering kondisinya bila sering terpapar air hangat. Akibatnya kulit jadi sensitif, pori-pori besar dan tertutup oleh debu dan kotoran.

Sedangkan air dingin akan memperbaiki penampilan kulit. Menjadikan kulit jadi bersinar, lebih sehat, kenyal, elastis, dan halus.

Melembabkan lebih lama

Air dingin membantu agar kulit lembab lebih lama. Berbeda dengan air hangat yang suhunya tidak sama dengan lingkungan, maka akan membuat kulit jadi semakin kering. Namun, apabila memang Anda gemar membilas wajah dengan air hangat, maka akhiri dengan air dingin sehingga kulit tidak kehilangan kelembabannya.

Membantu mencegah peradangan jerawat

Jerawat adalah bagian dari kulit yang meradang karena infeksi dari bakteri penyebab jerawat. Untuk membantu meringankan kondisinya, hindari terlalu sering memakai air hangat. Lebih baik memakai air dingin untuk membantu peradangannya berkurang.

Sekarang, sudah tahu kan bagaimana cara mencuci wajah yang benar. Jangan lupa ya, apabila diawali dengan air hangat, maka selalu akhiri dengan air dingin dan bilas hingga bersih agar sisa sabun tidak tertinggal.