Kamis, 20 November 2014

Kenapa kita dilarang minum obat dengan susu?

Suatu pertanyaan simpel tapi sulit untuk dijawab. Kenapa? Apa yang salah dengan susu? Padahal kita semua tahu kalo susu itu banyak memberi hal positif dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Obat yang kita minum secara oral pasti akan masuk kedalam tubuh kita kan.. Nah didalam tubuh, obat yang kita minum akan terserap dulu kemudian masuk kedalam aliran darah untuk disirkulasikan.
Faktor yang mempengaruhi penyerapan obat dalam tubuh salahsatunya adalah pengaruh dari makanan didalam lambung kita (makanan yang mengandung lemak mempengaruhi penyerapan obat), kalsium yang terkandung dalam susu juga berpengaruh dalam penyerapan obat .

Beberapa obat antibiotik yang memiliki rumus tertrasiklik dan minosiklik dapat terikat oleh kalsium yang terkandung dalam susu tersebut. Akibatnya obat yang kita minum tidak dapat larut dan sulit terserap kedalam jaringan sel tubuh.
Minum susu setengah liter saja dapat mengurangi efektivitas antibiotik sekitar 80%. Maka dari itu disarankan agar meminum obat setelah 2 jam setelah minum susu.

Disarankan agar meminum obat dengan air mineral yang bebas dari senyawa kimia yang dapat mempengaruhi kerja obat dalam tubuh